Tuesday 23 April 2013

Pelepasan Ekspedisi Tanah Papua Instiper 2013



Selasa 2 April 2013, Instiper telah mengadakan acara Pelepasan Tim Ekspedisi Tanah Papua Mapala Kapakata Instiper 2013.

Mapala Kapakata (Mahasiswa Pencinta Alam KAPAKATA) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada dibawah naungan Institut Pertanian STIPER (INSTIPER) Yogyakarta.

Institut Pertanian STIPER Yogyakarta  tahun 2013 berumur 55 tahun. Ulang tahun ke-55 akan diperingati dengan serangkaian kegiatan yang dikemas dalam konsep "INSTIPER 55th, Share To Indonesia". Salah satu kegiatan besarnya adalah "Ekspedisi Tanah Papua Instiper 2013". Kegiatan ini adalah kegiatan pendakian puncak Cartenz Pyramid di pegunungan Jayawijaya, Tim ekspedisi dalam perjalanan menuju pendakian akan melakukan kegiatan pengabdian di jalur yang disinggahi yaitu desa Sugapa, Bulapa dan Ugimba. Ekspedisi Tanah Papua Instiper 2013 ini akan mendaki dengan rute rintisan, yang apabila berhasil akan menjadi Rute Baru yang nantinya akan dinamakan jalur MAPALA KAPAKATA.

Ekspedisi Tanah Papua Instiper 2013 akan dilaksanakan pada bulan April 2013 sampai dengan Mei 2013 dengan rentang waktu efektif kurang lebih 30 hari, oleh atlit dari Mapala KAPAKATA INSTIPER Yogyakarta yang sudah dilatih secara khusus baik fisik maupun mental. Tim ekspedisi ini terdiri dari 7 orang.

Tujuan Kegiatan Ekspedisi kali ini adalah kehidupan masyarakat disekitar Pegunungan Jayawijaya menjadi lebih baik dan bermutu dari sebelumnya serta menjadi bahan rekomendasi kepada pihak dan instansi terkait untuk membangun masyarakat tersebut.

Bentuk Kegiatan yang akan dilakukan adalah penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu pertanian khususnya ketahanan pangan masyarakat setempat. Kemudian membantu meningkatkan mutu pendidikan masyarakat distrik Sugapa dengan melakukan bakti sosial dalam bentuk bantuan fasilitas pendidikan. Selanjutnya adalah melakukan pemetaan inventarisasi tumbuhan dan pemetaan jalur pendakian untuk dipublikasikan secara lebih luas. Dan yang terakhir adalah pengibaran Bendera Merah Putih dan Perayaan Dies Natalis ke-55 INSTIPER Yogyakarta, sekaligus perayaan Ulang Tahun Mapala KAPAKATA ke-35 tahun di puncak Cartenz Pyramid (4.884 mdpl)

Acara pelepasan berlangsung di halaman Gedung Student Center kampus Instiper Maguwoharjo dan dihadiri oleh Mitra Instiper, Pihak Sponsor Ekspedisi, Rektor, Wakil Rektor, Dekan,  Perwakilan Mapala se-DIY dan Jawa Tengah, Mapala Kapakata serta perwakilan UKM Instiper.

Pelepasan Ekspedisi Tanah Papua 2013 ini secara simbolis dilaksanakan dengan pemukulan Gong sebanyak tujuh kali oleh Rektor Instiper Dr. Ir Purwadi, MS.

0 comments:

Post a Comment